Ibu, Dari Mana Aku Berasal? Cetak E-mail
(3 votes)
Judul : Ibu, Dari Mana Aku Berasal?
Penulis: Lara Fridani
Penyunting: Kartika Trimarti
Penerbit : PT. Arga Publishing
Tahun: 2008
Genre : Parenting
Tebal: 209 Halaman
ISBN: 978-979-132-82-65

 

 

 

 

 

 

Saat membaca judulnya saya teringat dengan buku “Seni Dialog Dengan Anak” terbitan Maghfirah. Keduanya berbicara tentang bagaimana sikap orang tua ketika anak-anak meluncurkan pertanyaan-pertanyaan “ajaib”nya. Tau sendiri kan keajaiban pertanyaan atau celotehan mereka yang sering kali out of the box. Menarik, tapi juga membuat deg-degan.

Namun, kedua buku ini berbeda. Perbedaannya terletak pada contoh kasus yang diambil oleh masing-masing penulis. Pada buku Seni Dialog Dengan Anak pembaca akan disuguhi contoh kasus berupa “misalnya”, maksudnya  penulis hanya mengambil kasus tanpa melibatkan pengalaman pribadinya. Sedangkan kekuatan dari isi buku “Ibu, Dari Mana Aku Berasal?” adalah pada rangkaian pengalaman pribadi dari Lara Fridani dalam menghadapi ketiga putranya yang memiliki karakter beragam.

Sempat tinggal di Australia, dengan sistem pendidikan yang terbilang lebih memancing sang anak untuk mengolah daya pikir, membuat putra-putra dari Mbak Lara memiliki daya pikir yang kritis. Belum lagi, tinggal di negara yang minoritas Islam dan berseliwerannya pemandangan akan pergaulan tanpa batas, membuat pertanyaan-pertanyaan ‘berbahaya’ pun kerap terbit dari anak-anak dengan rasa ingin tahu yang tinggi. Seperti ketika Zuhdy, anak keduanya yang saat itu berusia 5 tahun, menanggapi kebenaran Al-Qur’an dengan pernyataan, ‘Aku juga bisa menulis di kertas ‘ini benar dan sempurna’ kemudian mencetaknya jadi buku, dan tinggal diperbanyak!’ [h. 20]

Di dalam buku ini, penulis tidak selalu mencitrakan diri sebagai orang tua yang tahu segalanya, terkadang dia pun harus menunda-nunda jawaban dari sang anak karena membutuhkan jawaban yang tidak sembarangan seperti ketika ketiga putranya melakukan sidang kepada sang ibu dengan pertanyaan “Kita berasal dari sesuatu yang jorok ya, Mi?”

Salah satu penyikapan yang kerap dilakukan oleh penulis adalah tidak gegabah menanggapi pertanyaan anak-anak. Mencoba menanyai kembali tentang latar belakang munculnya pertanyaan merupakan tindakan yang sangat penting dilakukan orang tua, terutama untuk pertanyaan yang bisa dibilang “belum waktunya”.

Buku ini sangat menyenangkan dan menghibur tanpa meninggalkan sisi edukatif. Saya sangat menikmati membaca pengalaman-pengalaman penulis yang terkadang dirangkai dengan diskusinya sebagai dosen pendidikan anak di kelas mengajarnya. Bahkan beberapa kali saya bersama suami tertawa membaca celotehan ketiga putra dan bagaimana Lara Fridani memberikan tanggapan. Sungguh, ternyata sangat tidak mudah menghadapi anak-anak, dibutuhkan teknik, kesabaran, trik, dan konsistensi. Kenyataan inilah yang ingin disampaikan penulis.

Buku ini ditutup cantik dengan pembahasan tentang kekuatan doa. Ya, Bagaimana pun jumpalitannya kepala dan tindakan orang tua untuk memberikan pemahaman tentang berbagai hal, doa tetaplah menjadi senjata ampuh untuk tetap menjaga sang buah hati. Bukan kah doa orang tua untuk anaknya adalah salah satu ibadah yang mendapat ijabah? (Sinta)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
PARENTING

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28293009

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit