Teman Empat Musim Cetak E-mail
(9 votes)
Teman Empat Musim
Judul : Teman Empat Musim
Penulis: Ida Ahdiah
Penerbit: Bentang Pustaka
Tahun: 2010
Genre : Novel Remaja
Tebal: 90 Halaman
ISBN: 978-979-1227-96-4

 

 

 

 

 

 

Iran, Kamboja, Cina, Maroko, Vietnam, Swiss, Rwanda, Brazil, Rumania, Lebanon, Rusia, Pakistan, India, Sri Lanka, Filipina, Bangladesh, Meksiko, Hungaria, Italia, Grenada, Haiti, Jamaika, dan Afganistan adalah nama daerah asal, teman empat musim yang ditemui penulis, Ida Ahdiah.

Farah, berasal dari Iran. Penulis diundang membuat barbeque dan kambing dengan salad dari hasil kebunnya dalam perayaan Norooz. Adalah tahun baru yang dirayakan besar-besaran oleh masyarakat Iran. Ada tujuh benda di atas meja yang semuanya berawal dengan huruf ‘S’ dalam bahasa Persia yaitu, sib (apel, simbol kecantikan dan kesehatan), sabzeh (kecambah, simbol kelahiran kembali), serkeh (cuka, simbol usia dan kesabaran), samanu (pudding, manis simbol kemakmuran), senjed (berry, simbol warna dan matahari terbit), sekke (uang logam, simbol kekayaan) dan sir (bawang putih, simbol kesehatan). Itu semua merupakan simbol untuk membangkitkan semangat hidup baru.

Boupha, berasal dari Kamboja. “Aku beruntung lahir dari keluarga Kamboja yang masih memegang erat sistem kekeluargaan karena pada hari-hari tertentu, saat anak-anakku sakit, aku masih bisa meminta ibuku untuk menjaga mereka."

Magdalena si Miss Coke, berasal dari Rumania. Ia dipanggil Miss Coke karena setiap hari, minimal sekali, ia meminum Coke. Di tas, mobil, rumah dan meja kerjanya selalu ada coke. Minuman itulah yang selalu ia minta kala makan di restoran. Cara minumnya pun tampak berlebihan. Ia buka kaleng perlahan. Ia biarkan gelembung-gelembung soda meluber ke luar kaleng. Lalu diciumnya aroma coke perlahan dan panjang, dicecapnya dulu sebelum benar-benar diteguk sampai habis. Coke adalah minuman yang membebaskan. Yang membuatku berani bermimpi melewati dasar bumi dan melampaui batas angkasa.

Enza. Pajak di Quebec memang mencekik. Barang-barang yang kita beli di supermarket atau di mal dikenai pajak 12,5 persen. Sementara di kota dunia itu, selain banyak pilihan, jika membeli baju hanya dikenai pajak 4,625 persen dan barang lainnya sekitar 8,625 persen. Warga Kanada yang berada di Amerika selama 24 jam boleh membelanjakan uang 50 dolar Kanada, tetapi jika lebih dari itu akan dikenakan pajak. Selanjutnya adalah 200 dolar bagi yang berada di Amerika selama 40 jam dan 750 dolar bagi yang tinggal lebih dari 7 hari. Pembelanja biasanya menggunakan tipu muslihat purba yang sudah turun-temurun digunakan, menggunting stiker harga di benda yang baru dibeli. Selanjutnya, perlakuan benda tersebut seperti benda lama, tumpuk dengan pakaian kotor agar kusut dan bau.

Yvone, berasal dari Trinidad. Lajang. Masyarakat menganggap memiliki suami lebih penting ketimbang karier. Laki-laki takut berpacaran apalagi menikah dengan perempuan yang punya karier. Dia akhirnya bisa jatuh cinta saat berumur 80 tahun.

Katie, mengalami masa yang ia sebut sebagai fully lady. Teman-teman menjulukinya Miss Ladder karena ia dianggap bisa berfungsi sebagai tangga. Ketika dia tumbuh dewasa, dia baru merasakan manfaat kejangkungannya, “Aku menemukan kebanggaan ketika di malam Halloween orang menerima kejangkunganku sebagai sesuatu yang unik, menghibur, dan tidak ada yang mencemooh.”

Daniela, berasal dari Manila, Filipina. Di bawah undang-undang konsumen, ia bisa mengembalikan barang yang sudah dibeli jika memang tidak cocok, asalkan pembeli menunjukkan bon penjualan dan barang tidak rusak.

Alice, berasal dari Quebec. Dia mempunyai nazar, “Ketika bencana tsunami terjadi, aku berjanji akan menyenangkan orang Indonesia yang kutemui di Quebec.” Cara yang ditempuh untuk menyenangkan adalah melalui dapur dan makanan, sebagai sarana untuk menjalain pertemanan.

Itulah delapan dari dua puluh enam cerita berbagai latar budaya yang berbeda terangkum dalam buku ini. Menginspiratif dan sangat perempuan.

Ada berbagai cara kita bisa ke luar negeri:

- sekedar berlibur
- dapat beasiswa, melanjutkan kuliah
- mendapat pekerjaan
- mengikuti suami

Dan sepertinya harapan saya hanya opsi pertama dan keempat. (luckty)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL REMAJA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31883080

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit