Last Shogun, the; Kisah Hidup Tokugawa Yoshinobu Cetak E-mail
(4 votes)
Perjalanan Panjang Shogun
The Last Shogun; Kisah Hidup Tokugawa Yoshinobu

Apabila tidak menjenguk sampul belakang buku ini, kita akan tergiring pada dugaan bahwa The Last Shogun adalah biografi Tokugawa Yoshinobu. Dengan narasi bernapaskan memoar, novel yang bersumber dari sejarah kehidupan shogun ke-15 dalam keshogunan Tokugawa tersebut [fictionalized biography] menghidangkan peliknya perjalanan seorang pemimpin di Jepang pada tahun 1800-an.

Semenjak lahir, Keiki - demikian nama kecil Yoshinobu - telah menyandang ekspektasi besar keluarga Mito. Sang daimyo kecewa mendapati putra-putranya terkontaminasi hawa aristokrat yang feminin. Maka saat putra ketujuhnya ini menunjukkan tanda-tanda yang lebih menjanjikan, perlakuan ekstralah yang diterimanya. Bukan dimanjakan, melainkan digembleng berat. Bahkan tatkala sedang tidur, Keiki kecil diawasi agar posisi tubuhnya tidak cenderung 'gemulai'. Untuk itu, sang daimyo memerintahkan anak buahnya memasang pedang di kedua sisi badan Keiki di pembaringan supaya tetap lurus. Potensi cemerlang Keiki untuk mewujudkan cita-cita ayahnya terlihat, antara lain, dari ketegasannya meminta seorang pengawal sebagai guru alih-alih perawat.

Sudah barang tentu, proses mencapai posisi sesuai harapan sangat berliku-liku. Keiki sempat mengecap kehidupan dalam penjara pada masa Pembersihan Ansei, tidak lama setelah Shogun ke-14 diangkat. Ia menolak amnesti karena tidak ingin dikasihani. Keiki mengisi waktu dengan melukis, meneliti anatomi perempuan dalam buku-buku berbahasa Belanda, dan bertukang.

Walaupun relatif berat karena muatan politik dan sejarah yang dominan, novel ini disertai daftar nama berikut secuplik keterangan mengenai masing-masing orang yang terlibat dalam perjalanan kepemimpinan Keiki. Masih ditambah silsilah, peta, juga glosarium sebab di tubuh novel sendiri hanya terdapat beberapa catatan kaki sehingga penglihatan pembaca tidak semakin 'riuh'. Memang sebagaimana lazimnya fiksi sejarah, The Last Shogun bukan bacaan 'sepintas' sehingga memerlukan waktu cukup lama, di samping ukuran font-nya yang relatif kecil-kecil.

Siapakah Ryotaro Shiba? Pria yang terlahir dengan nama Teiichi Fukuda ini tersohor karena menulis novel-novel yang berbahan utama peristiwa historis di Jepang dan Asia Utara. Pada tahun 1959, mantan jurnalis jebolan Osaka School of Foreign Languages ini meraih Naoki Prize untuk novel Fukuro no Shiro ("The Castle of an Owl"). Karyanya yang terkemuka ialah Ryoma ga Yuku, novel sejarah mengenai seorang samurai yang berperan dalam Restorasi Meiji. Tidak hanya itu, Ryotaro Shiba menorehkan penanya di wilayah traveling dengan satu seri catatan perjalanan berjudul Kaido wo Yuku [On the Highways], diterbitkan majalah mingguan Shukan Asahi tahun 1971-1996. Pada tahun terakhir publikasi catatan inilah, tepatnya 16 Februari, sang penulis menutup mata.

Kendati terselip beberapa typo dan diksi yang bisa dipermolek lagi supaya penyampaiannya lebih komprehensif, The Last Shogun laik ditengok untuk memperterang pengetahuan tentang kepemimpinan yang penuh friksi. (rini)

 

 

Judul : The Last Shogun; Kisah Hidup Tokugawa Yoshinobu
Penulis: Ryotaro Shiba
Penerjemah: Latifa Ramonita
Penerbit : Kantera
Tahun: 2010
Genre : Novel Sejarah
Tebal: 352 Halaman 
ISBN: 978-979-1924-030

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL SEJARAH

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"The pleasure of all reading is doubled when one lives with another who shares the same books." ~ Katharine Mansfield

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27601288

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit