Jampi-Jampi Varaiya Cetak E-mail
(1 vote)
Mantra Keren Para Penyihir

Jampi-Jampi VaraiyaKisah yang unik dari sebuah keluarga penyihir. Di mulai dari kisah mahluk rendang yang berwarna ungu, cangkir yang menggigit, perahu bobrok yang ditorpedo, ikan hiu yang menghela sekoci penyelamat, hingga terdampar di Pulau Varaiya.

Zea Mays Raya. Anak pertama dari tiga bersaudara. Siapa yang tidak kenal keluarga penyihir Raya? Nama putri pertama pasangan Samudra Raya dan almarhum Tru Moon, diambil dari bahasa latin yang berarti jagung. Kemampuan menyihirnya sudah terlihat sejak dia berumur lima tahun. Dengan kekuatan super yang dimilikinya, dia berhasil menghipnotis anjing kampong galak yang berniat merebut roti yang digenggamnya. Tahu-tahu anak kecil itu sedang duduk dia atas punggung anjing, bermain kuda-kudaan. Zoro, demikian nama anjing kampong itu, akhirnya dipelihara dan menjadi bagian dari keluarga itu.

Oryza Sativa Raya. Anak kedua atau anak tengah. Namanya juga diambil dari bahasa latin, artinya padi. Tidak tahu apa alas an Mom dan Dad menamai anak-anak perempuan mereka dengan nama pokok dalam bahasa latin. Gara-gara hal itu, mereka terkenal dengan sebutan keluarga Karbohidrat dibandingkan keluarga Raya di kalangan penyihir. Oryza tidak menunjukkan kemampuan sihir apapun sejak kecil, sehingga dia terlahir sebagai anak perempuan biasa. Tapi mendadak si tengah memiliki kekuatan super saat mendekati usia remaja.

Adik bungsunya, Solanum Tuberosum Raya. Dalam bahasa latin, artinya kentang. Anak ketiga alias si bungsu dari tiga bersaudara. Ras penyihir level tujuh, satu tingkat di bawah kakak-kakaknya. Kemampuan dan kelenturan tubuhnya tidak usah dipertanyakan. Seakan-akan tubuhnya tidak memiliki tulang yang bisa patah atau kulit yang mudah robek. Gadis itu tidak terlalu bersemangat dengan sihir. Dia lebih terpesona dengan perekonomian dan keuangan dunia kaum jelata. Baginya, bisnis perusahaan, urusan perbankan, dan neraca rugi-laba adalah keajaiban sihir yang sesungguhnya.

Masih ada tokoh bernama unik lagi, Raden Ajeng Aqua Maharani. Aqua, panggilannya. Sering berganti-ganti panggilannya; Milo, Frestea, dan merk minuman lainnya. Begitu pula Strawberi, namanya kadang berganti menjadi Nanas, Kentang dan nama-nama buah lainnya.

Penyihir tidak lebih dari manusia biasa. Mereka diberkahi kekuatan magis yang tidak dimiliki oleh kaum jelata. Kekuatan magis ini juga mempunyai level bertingkat yang berawal dari angka satu sampai dengan angka Sembilan. Kekuatan satu adalah kekuatan magis yang paling rendah, biasanya penyihir ini adalah penyihir kanak-kanak. Semakin bertambah usia mereka, semakin besar kekuatannya, walau itu tidak selalu benar. Penyihir rata-rata mempunyai level yang tidak lebih dari angka lima, tapi beberapa mempunyai kekuatan yang sangat powerful hingga mencapai level sembilan.

Segala sesuatu berbau sihir: Sihir itu seperti bakat, yang mengalir di darah seseorang. Kadang-kadang bakatnya sudah menonjol sejak balita, tapi kadang-kadang bakat itu terlihat saat memasuki masa dewasa.
Cara hampa adalah teknik menyihir dengan membuat diri menghilang dan transparan tanapa bisa terlihat oleh mata biasa.

Melenyapakan dan meniadakan adalah dua hal yang berbeda. Beberapa penyihir memang memiliki bakat umum yang dipunyai oleh penyihir lainnya. Sihir, apabila tidak dikendalikan, akan berkembang menjadi tidak terkontrol. Kebanyakan para penyihir level punya gengsi setinggi langit yang membuat mereka menjadi bego. Bekerja dengan bos penyihir yang top lebih terhormat daripada harus merendahkan diri menjadi pembantu kau jelata.

Para penyihir yang mampu menjadi manusia dengan wujud lain sering kali merasa terlalu sombong untuk menyihir diri menjadi binatang.

Transforsi adalah pemindahan fisik secara tak kasatmata dari satu tempat ke tempat lain. Penyihir membutuhkan konsentrasi yang sangat kuat untuk memvisualkan tempat yang akan ditujunya.

Tongkat sihir merupakan bahan penting bagi semua penyihir. Peraturan tongkat sihir ini berbeda-beda di tiap-tiap negara. Di Indonesia, hanya penyihir berusia enam belas tahun yang dapat membeli tongkat sihir secara legal. Usia enam bels tahun sering kali dirayakan secara meriah mengingat seorang penyihir dianggap sudah dewasa dan dapat bertanggung jawab mengendalikan sihirnya.

Kata-kata bijak: Orang-orang yang dekat denganmu pasti menyadari kualitas kebaikan hatimu. Yang terpenting bukanlah hasil akhirnya. Yang terpenting adalah kamu berusaha keras. Perpisahan oleh kematian, selalu sangat berat. Kangen adalah penyakit tua yang susah disembuhkan dengan sihir apapun.

Kejadian yang tak terduga menimpa keluarganya mengharuskan Oryza harus mendapatkan obat penawar dari pengaruh rempah Varaiya. Rempah-rempah itu disebut juga rempah-rempah kehidupan. Sesendok kecil dapat membantu memperkuat otot, meningkatkan daya tahan, dan mempercepat reflex. Zaman dulu, para bajak laut memakan masakan yang dibubuhi rempah Varaiya sebelum berlayar.

Dalam dosis besar, rempah-rempah itu mampu menghidupkan benda-benda mati menjadi mahluk yang dapat bergerak. Untuk manusia yang menelan rempah-rempah varaiya, efeknya bakal jadi permanen. Energi rempah-rempah dan teh tersebut sangat besar sampai-sampai saat memasuki tubuh manusia, aliran darah langsung dipenuhi oleh efeknya. Kalau seluruh racun yang berada di dalam tubuh memasuki jantung, paru-paru, dan otak maka daya tahan tubuh takkan sanggup lagi menanggungnya.

Novel karangan Clara Ng ini mampu menyihir kita menelusuri petualangan Oryza dan kawan-kawan ke Pulau kecil bernama Pulau Varaiya di daerah Timur Sumatera. Pulau Varaiya ini pulau sihir. Makanya nggak pernah kelihatan di peta Indonesia. Suku yang tinggal di sana menyebut diri suku Varaiya. Mereka semua adalah penyihir dan sangat tertutup. Karena itu, sulit sekali penyihir dari mana pun dapat menembus dan memasuki teritori mereka. (Luckty)

 

 

Judul : Jampi-Jampi Varaiya
Pengarang: Clara Ng
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Tahun: 2009
Genre : Novel Petualangan
Tebal: 320 Halaman 
ISBN: 978-979-22-5183-8

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL PETUALANGAN

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 27975203

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit