Warepacker Cetak E-mail
(2 votes)
Warepacker
Judul : Warepacker
Pengarang: Indarpati
Penerbit : Masmedia
Tahun: 2009
Genre : Novel Romantis
Tebal: 248 Halaman 
ISBN: 978-602-8350-76-1

 

 

 

 

 

 

Hidup adalah menghidupkan hidup dengan menyelesaikan segala masalah yang kemudian membuat manusia semakin dewasa. Seperti halnya dalam kehidupan Nur, masalah berdatangan tanpa bisa direm. Berawal dari masalah perekonomian keluarga, Nur mengambil langkah menjadi perantauan di Surabaya. Kondisi yang serba kekurangan membuatnya memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke STM jurusan Perkapalan, dengan harapan dapat segera mendapat pekerjaan setelah lulus nantinya.

Jurusan yang sebenarnya lebih diperuntukkan pada kaum adam ini, membentuk Nur menjadi sosok yang cenderung maskulin, dengan gaya cuek dan potongan rambut ala pria. Walaupun memiliki “potongan” maskulin, Nur masihlah sosok perempuan yang didominasi dengan perasaan. Terbukti ketika hatinya tersangkut pada senior yang menjadi idaman para perempuan di sekolahnya. Awan adalah sosok senior yang dingin dan tidak pernah memedulikan perempuan-perempuan yang menaruh hati kepadanya. Kenyataan itulah yang membuat Nur harus memendam dalam-dalam perasaan yang kerap muncul di benaknya. Di luar dugaan, Huda, sahabat Awan yang sering memancing pertengkaran dengan Nur, menaruh hati pada gadis asal Pati ini. Dilema memenuhi dirinya.

Sedangkan Awan berang setiap mendengar sahabatnya berkali-kali menceritakan perasaannya terhadap Nur. Rasa berang yang terpaksa harus disembunyikannya rapat-rapat agar pria yang dia cintainya ini tidak pergi. Awan adalah gay. Kebimbangan dan sakit yang terus-menerus menusuk hati membuatnya mengambil tindakan yang berakibat fatal. Dampak yang membuat Awan terpuruk sekaligus menyeretnya semakin dalam dengan dunia gay lewat pertemuannya dengan Dedi.

Di sisi lain, pertemuan Nur dengan Mbak Mala, seorang perempuan dengan hijab yang terjaga, memberinya hidayah atas kewajiban menutup aurat bagi perempuan. Lagi-lagi Nur dihadapkan pada dilema saat cahaya Islam mulai menerangi hidupnya. Perang pikiran pun tak berkesudahan memenuhi batinnya. Kemelut pun tercipta ketika mengetahui pentingnya menjaga hati dihadapkan dengan cinta yang membuncah. Tidak berhenti pada kemulut hati, kegelisahan juga hadir saat muncul kesadaran atas perintah berhijab berbenturan dengan aturan sekolah. Apalagi ketika tekad berhijab sudah bulat, Nur dikejutkan pada perubahan hijab dari Mbak Mala. Sungguh, naik-turun keimanan yang tidak dapat diperkirakan.

Sarat konflik, itulah yang terasa ketika membaca perjalanan hidup tokoh Nur dan Awan. Penulis yang juga berprofesi sebagai editor lepas ini, memberikan variasi konflik dalam bukunya yang mempunyai setting waktu cukup lama dari Nur sekolah hingga bekerja. Namun berlimpahnya konflik membuat beberapa terasa mubadzir, seperti kurang cocoknya Nur dengan teman sekamarnya Nita, yang membuat bertanya-tanya tentang pengaruhnya dalam cerita; atau kisah hubungan Awan dan Dedi yang kurang terasa gregetnya sehingga membuatnya seperti bukan bagian penting dalam cerita. Beragamnya konflik terbilang menarik, hanya saja penyajiannya lebih banyak menggunakan narasi, membuat emosi para tokoh kurang terbaca.

Selain sarat konflik, buku terbitan masmedia ini juga sarat renungan. Tanpa berkesan menggurui, banyak hikmah tersirat dari kisah hidup para tokohnya. Bagaimana hijab tidak menjadi penghalang perempuan dalam bekerja, sekalipun di bidang yang seharusnya diisi pria, bahkan sama sekali tidak merintangi untuk membenahi atap rumah yang bocor. Bagaimana hidayah dapat dengan mudah dicabut ketika manusia tidak dapat memeliharanya dengan baik seperti yang terjadi pada tokoh Mbak Mala. Bagaimana sewajarnya orang tua menjaga dan memperhatikan anaknya sehingga tidak menyisakan luka dalam yang nantinya sulit untuk disembuhkan. Dan bagaimana Allah selalu memberi rajutan terbaik di setiap ujung perjalanan kehidupan hambaNya yang bersabar. (Sinta)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ROMANTIS

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29054004

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit