Pssstů Ada Apa di Atas Bukit Cetak E-mail
(7 votes)
Pssst... Ada Apa di Atas Bukit
Judul : Pssst… Ada Apa di Atas Bukit
Penulis: Iwok Abqary, Dewi Cendika, Ryu Tri, dll
Penerbit : Sinergi
Tahun: 2009
Genre : Novel Anak
Tebal: 264 Halaman 
ISBN: 978-979-19749-0-5

 

 

 

 

 

 

Menulis novel anak dengan genre petualangan/detektif mungkin kita sudah sering membacanya dan sudah biasa. Namun akan lain ceritanya jika novel petualangan/detektif ini ditulis oleh banyak penulis, dengan menggunakan sistem estafet seperti dalam lomba balap lari. Dengan kata lain sebuah novel kolaborasi. Menarik!

Seru sekali membayangkan bagaimana enam penulis dengan latar belakang rupa berbeda (*yaiyalah, masa rupanya sama? Mana ada penulis kembar enam? hehehe), secara bergantian atau bergiliran menyelesaikan bab perbab di dalam novel anak tersebut. Sampai sini saja sudah terbayang gimana serunya saat harus menggabungkan gaya keenam penulis dengan karakter berbeda ke dalam satu rangkaian cerita novel. Dan yang lebih seru lagi, novel anak ini sulit untuk ditebak alur ceritanya, karna setiap penulis masing-masing berhak menentukan sendiri alur ceritanya tanpa boleh diarahkan oleh penulis yang lain. Penasaran?!!

‘Pssst… Ada Apa Di Atas Bukit’ menghadirkan keseruan itu semua. Hadir dengan genre anak-anak bertema petualangan penuh bumbu detektif, ‘Pssst… Ada Apa Di Atas Bukit’ menjanjikan keseruan-keseruan dari setiap halaman perhalaman yang kita nikmati. Keseruannya membuat kita selalu tergoda untuk ingin terus melahap halaman demi halaman dan segera tahu bagaimana akhir cerita ini.

Novel anak ini ditulis oleh enam orang penulis berbakat yang sudah wara-wiri di dunia kepenulisan naskah anak. Mereka Iwok Abqary, Dewi Cendika, Ryu Tri, Indah Juli, Ririn setyowati, Dewi ‘Dedew’ Rika. Keenamnya tinggal di kota berbeda, dan hanya berkomunikasi via email dan blog saat penggarapan novel ini.

‘Psst… Ada Apa Di Atas Bukit’ bercerita tentang seorang anak bernama Bintang yang kecewa saat mengetahui dirinya harus pindah ke sebuah desa yang jauh di Bandung mengikuti ayahnya yang dipindah-tugaskan oleh kantor tempatnya bekerja. Suasana Desa yang sepi dan membosankan, serta anak-anaknya yang kampungan, membuatnya tak betah dan ingin kembali ke Jakarta. Namun semua itu berubah saat Bintang mendapat teman baru. Mereka adalah Nursalam, Totok, Andik, dan Bagus. Keempat teman barunya itu unik-unik dan pinta-pintar. Sebut saja Nursalam yang juara kelas, Totok yang jago menirukan suara binatang, Andik yang jago lari, dan Bagus yang pintar dan terkesan tahu segalanya karna sering baca koran. Lambat laun Bintangpun jadi mulai kerasan tinggal di desa itu. Apalagi setelah mereka berlima coba memecahkan misteri yang ada di atas bukit, yang dicap angker dan berhantu oleh masyarakat sekitar, dengan menjadi detektif cilik. Bagaimana akhir dari penyelidikan mereka?!!

Buku ini layak dibaca oleh anak-anak maupun orang dewasa. Bagi kita para orang tua, beberapa pelajaran dapat dipetik oleh anak-anak kita, seperti tentang keberanian yang tak tergoyahkan, tidak mudah putus asa dan indahnya persahabatan. Tutur bahasa serta gaya berceritanya mengalir dan mudah dimengerti oleh anak-anak. Sayang, kualitas kertas yang masih menggunakan kertas koran, sedikit mengurangi keindahan tampilan buku dan kenyamanan mata pembaca. Namun hal ini dapat dimaklumi lantaran buku ini hadir dengan harga terjangkau, hanya sekitar dua puluh ribuan, bagi anak-anak yang ingin membeli sendiri buku ini dengan uang celengan mereka. Ilustrasi dalamnya juga keren!

Singkat kata, ‘Pssst… Ada Apa Di Atas Bukit’ layak untuk kita hadiahkan sebagai koleksi yang bermanfaat dan bacaan yang bergizi bagi putra-putri atau adik-adik kesayangan kita di rumah. Sebuah novel anak bertema petualangan dengan bumbu detektif yang kocak, seru, cerdik, dan penuh ketegangan. (Irvan Aqila – penulis jomblo novel ‘Pinokiyoh’ dan ‘Cinta Bikin Mules’)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
NOVEL ANAK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31877492

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit