Kumpulan Komik Strip; Lotif Versi Pasbook (Mei '05 - Mei '09) Cetak E-mail
(2 votes)
Kumpulan Komik Strip; Lotif Versi Pasbook (Mei '05 - Mei '09)
Judul : Kumpulan Komik Strip; Lotif Versi Pasbook (Mei '05 - Mei '09)
Pengarang: Beng Rahadian
Penerbit : Cendana Art Media
Tahun: 2009
Genre : Komik
Tebal: 168 Halaman 
ISBN: 978-979-184-624-0

 

 

 

 

 

 

Para peminat komik domestik tentu masih familier dengan Beng Rahadian beserta karyanya terdahulu, Selamat Pagi, Urbaz! Kali ini Beng menyajikan kompilasi komik strip yang telah dimuat secara rutin di Koran Tempo setiap Minggu. Karakter utamanya adalah Lotif dan melaluinya, hadir rekaman sepintas namun bermakna ihwal kejadian-kejadian akurat di lingkungan sekitar [khususnya Jakarta].

Menariknya, buku ini mengkombinasikan diri dengan fenomena jejaring paling hip yakni Facebook. Tampilan halaman demi halaman menjadi semarak karena terhidang dalam format ala FB Page, dengan komentar berupa Like This sejak mula, foto-foto kontak dan kotak-kotak yang merupakan ciri khas. Napas gambar Beng yang terpeta dalam Selamat Pagi, Urbaz! masih nampak dan cerita pun bergulir nikmat dari satu komik strip ke komik strip lainnya.

Kisah yang dikupas cukup beragam. Bab Hello Effect menuturkan gaya Lotif menggombali perempuan, termasuk jual pesona dengan berlagak membaca koran supaya dinilai cerdas. Parlili merangkum interaksi Lotif dengan Lili, seorang pengamen cilik. Di sinilah sentilan-sentilan semakin tajam, misalnya teknik penyeragaman isi otak berupa tugas mengarang tentang berlibur di desa (hal. 28). Dari Bencana ke Bencana yang ditutup kalimat ‘Hikmahnya adalah karena banjir ini, demam flu burung di Jakarta jadi hilang’ ditegaskan Lotif dengan pernyataan bahwa kita sering melupakan persoalan yang belum teratasi ketika muncul masalah baru (hal. 40).

Dalam bab Nongkrong, yang cukup ‘nendang’ adalah komentar Bodhang bahwa menyangkut bencana [termasuk Sidoarjo yang disebut-sebut sebagai The Real Kuala Lumpur di Indonesia], kita mudah sekali mengkambinghitamkan alam. Sangat menggelitik, kala kita mengumumkan diri anti Amerika tetapi masih menenggak Coca Cola dan menggemari superhero impor.

Tidak hanya urusan ‘berat’, Lotif juga menyenggol sikap individualis masyarakat kota besar yang bahkan tidak hafal nama tetangga (hal. 93). Tak ketinggalan Piala Eropa yang menyebabkan banyak pegawai tertidur di kantor esok harinya (hal. 116), serta hobiis otomotif yang menangis karena harga BBM melambung tepat setelah modifikasi skuternya yang memakan biaya besar diselesaikan (hal. 131). Kejelian potret sosial dalam buku ini berangkat dari giatnya Beng menyimak siaran radio dalam proses kreatif, sebagaimana disebutkan dalam penutup.

Suplemen Atas Nama Indonesia ialah pamungkas yang bersinar. Selaku insan komik, Beng mengemukakan keprihatinannya akan ngos-ngosannya komik Indonesia yang lebih banyak menembak ‘sekadar ekspresi’ dan keengganan para seniman menerima masukan serta kritik demi kemajuan serta kemampuan karya dalam negeri bersaing dengan produk mancanegara. Sebagai praktisi, Beng tidak melupakan ‘kulitnya’ sehingga mencantumkan tips kreatif yang dapat digali manfaatnya oleh sesama komikus. (rini)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KOMIK

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"A book worth reading is worth buying." ~ John Ruskin

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 31883469

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit