Cinta Bagai Anggur; Uraian Hikmah Seorang Guru Shufi di Amerika Cetak E-mail
(8 votes)
Cinta Bagai Anggur; Uraian Hikmah Seorang Guru Shufi di Amerika
Judul : Cinta Bagai Anggur; Uraian Hikmah Seorang Guru Shufi di Amerika
Penulis: Syaikh Muzaffer Ozak
Penerbit : PICTS
Tahun: 2000
Genre : Islam
Tebal: 149 Halaman 
ISBN: 979-96153-0-5

 

 

 

 

 

 

Menurut syaikh muzaffer Ozak, Esensi dari Tuhan adalah Cinta. Cinta berarti memandang apa yang baik dan indah dalam segalanya. Untuk belajar dari segala sesuatu, untuk melihat karunia Tuhan dan kemurahan-Nya di dalam segala sesuatu. Ia adalah untuk bersyukur atas segala pemberian-Nya.

Ini adalah langkah pertama dalam jalan menuju Cinta Tuhan. Ini hanyalah benih dari Cinta. Suatu hari benih itu akan tumbuh menjadi pohon dan menghasilkan buah. Nanti, siapapun yang akan merasakan buahnya akan tahu apa itu Cinta sejati. Mereka yang pernah merasakannya akan kesulitan menceritakan kepada mereka yang belum.

Cinta adalah sebuah rasa sakit yang menyenangkan. Siapapun yang merasakannya akan mengetahui rahasianya. Mereka akan melihat bahwa semuanya adalah al-Haqq dan bahwa segala sesuatu mengarah kepada al-Haqq. Tidak ada sesuatu pun kecuali al-Haqq. Sewaktu merealisasikan itu mereka akan tenggelam. Dan mereka akan menyelam ke dalam lautan al-Haqq.

Adalah "cawan" itu identik dengan lokus manifestasi; dan "anggur", yang termanifestasikan di dalamnya, identik dengan Al-Dzhahir. Dan ketika Anggur telah tertuang ke dalam cawan, maka apa yang diaktualisasikan oleh sang pecinta (pemilik cawan) tiada lain adalah Sang Al-Mutajalli. Tiadalah seorang pecinta itu bertindak selain tindakan yang dikehendaki baginya oleh Kekasihnya, yang dalam hadits qudsi dikatakan:"Tiadalah seorang hamba mendekati-Ku…hingga Aku mencintainya. Dan bila Aku mencintainya, maka Aku menjadi matanya ketika ia melihat; Aku menjadi telinganya ketika ia mendengar; Aku menjadi tangannya ketika ia memukul; Aku menjadi kakinya ketika ia melangkah." Adapun qalb yang kesat lagi gelap gulita, bagaimana mungkin ia menjadi cawan Cinta?

Itu sebabnya, dalam pembicaraan hubungan antara Mursyid-Salik, Syaik Muzaffer Ozak mengatakan bahwa tidak semua yang memakai sorban, jubah atau atribut khusus lainnya adalah seorang Mursyid. Karena para Mursyid adalah penuang anggurnya, dan para pejalan adalah cawan-cawannya. Cinta adalah anggurnya. Lewat tangan si penuang anggur, cawan-cawan para pecinta (pejalan) diisi. Maka bagaimanakah seseorang dapat menjadi penuang anggur bagi cawan-cawan murid-muridnya bila ia bukan yang terlebih dahulu memiliki "Cawan Cinta" dan yang Allah tugasi sebagai "Sang Penuang Anggur"?

Syaikh Muzaffer Ozak adalah pimpinan Tarekat Halveti-Jerrahi, salah satu Tarekat terbesar di Turki, yang secara khas berhasil membawakan kekayaan Islam serta shufisme ke dunia Barat. Ajaran-ajarannya merupakan tradisi shufime yang diadaptasi dan diorientasikan pada kaum Barat modern, yang sejauh ini telah mampu menarik berbagai kalangan di Amerika dan Eropa untuk lebih mengenal dan mempelajari Islam dan shufisme.

Cinta bagai anggur sendiri merupakan ajaran-ajaran Syaikh Muzaffer Ozak dalam beberapa kunjungannya ke Amerika dari tahun 1981 hingga wafatnya pada tahun 1985, yang dikumpulkan dan dituliskan oleh muridnya, Ragip Frager.

Dalam buku ini, Syaik Muzaffer Ozak menguraikan perihal cinta, kesabaran, keyakinan, hubungan salik-mursyid, pengenalan diri (ma'rifatun-nafs) dan Tuhan (ma'rifatullah) dalam rangkaian kisah hikmah yang ringkas dan kadang jenaka, dan menyimpan ajaran-ajarannya dalam kisah-kisah tersebut tanpa mengurangi kekuatan dan kedalaman yang dapat menyentuh pembacanya, menggugah kita untuk merenungkan kembali cara pandang kita terhadap kehidupan yang tengah kita jalani. (guns)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
ISLAM

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

“After all manner of professors have done their best for us, the place we are to get knowledge is in books. The true university of these days is a collection of books.” ~ Albert Camus

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28789962

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit