Azim Premji; ``Bill Gates`` Muslim dari India Cetak E-mail
(3 votes)
Pesaing Bill Gates dari Asia

Azim Premji; “Bill Gates” Muslim dari IndiaApakah pembaca akan langsung percaya judul dari buku ini? Coba pikirkan! Jubah supremasi teknologi informasi yang sudah melekat di tubuh Bill Gates sejak lama, kali ini bisa disandang pula oleh salah satu orang Asia. Benarkah demikian? Apakah itu tidak terlalu terdengar bombastis? Tapi nyatanya sungguh ada! Beliau adalah Azim Premji, praktisi bisnis teknologi informasi asal India yang diakui Forbes di dalam daftar “10 Orang di Dunia yang Paling Mampu Membuat Perubahan” (Mei 2003).

Azim Premji yang juga penyandang gelar duniawi lainnya, yakni sebagai salah satu Triliuner terinovatif di bidang software entrepreneur, lewat perjalanan hidupnya ingin berbagi mentalisme dan spiritualisme kepada pembaca dari lintas agama. Azim ingin menyampaikan satu kabar baik kepada negara-negara dunia ketiga (third world countries), termasuk Indonesia dan India bahwa sesungguhnya di antara kita pasti sanggup bersaing di kancah pasar global dalam bidang teknologi tinggi. Bermodal sumber daya manusia yang terampil serta produk berkualitas tinggi yang tak kalah bersaing, Wipro Tech milik Azim Premji sukses memberikan contoh sebagai jaminan kepuasan para pelanggan di pelbagai belahan dunia.

Amati sederet nama-nama berikut ini! Mereka adalah beberapa dari banyak perusahaan yang telah dialih daya (outsourced) sebagian Departemen atau Divisi-nya oleh Wipro Tech, di antaranya; Sony, HP, Windriver, Airbus, Toshiba, Nortel, Boeing, BP, Cisco, Ericsson, IBM, Microsoft, Prudential, Seagate, Windstream Communications, dan Wal-Mart. Wow! Sungguh patut dibanggakan! Salah satu bukti konkrit dari ampuhnya kiat-kiat ala Azim Premji dalam persaingan dunia melalui peningkatan kualitas sekaligus pemangkasan biaya di perusahaannya. (Bab 8)

Lalu timbul pertanyaan, siapa sebenarnya sosok Azim Premji yang begitu sukses memimpin Wipro memberikan kepuasan bagi banyak perusahaan-perusahaan raksasa seperti tersebut di atas? Sekarang, coba kita tilik dari sisi kehidupan pribadinya. Azim adalah Bapak dua anak kelahiran Mumbai (dahulu bernama Bombay), tahun 24 Juli 1945. Seorang Sarjana Teknik Elektro lulusan Stanford University, AS yang gemar hiking, membaca, jogging, dan Golf. Sekarang ia tinggal di Bangalore (Silicon Valley-nya India) bersama keluarga. Secara pribadi beliau juga terbukti aktif menyokong dana untuk pelbagai program bantuan anak melalui Azim Premji Foundation, termasuk bantuan-bantuan di bidang pendidikan di India (hal. 55). Memang terdengar standar saja versi pengusaha sukses dunia. Namun, ada hal-hal luar biasa bisa direngkuh setelah membaca buku ini. Dakwah hidup tak pantang menyerah serta tampil penuh kesahajaan adalah apa yang bisa dijadikan tauladan bagi kita dari pribadi Azim. Segera bangun pagi, lalu melaksanakan ibadah sholat Subuh, kemudian langsung bergegas untuk bekerja keras merupakan resep sederhana yang diyakini telah membuatnya seperti sekarang ini. Dengan kekayaan materi melimpah-ruah yang dipunya justru malah membuatnya semakin “sujud” kepada sang Pencipta dunia.

Penulis buku –Haris Priyatna– ini yang juga hobi membaca biografi orang-orang besar dunia, berhasil mengaspirasikan kenyataan baik atas kisah perjalanan hidup alami dari sesosok Azim Premji beserta ladang usaha Wipro miliknya. Di mana telah disebutkan di dalam buku ini bahwa Azim dan Wipro adalah simbol kebangkitan bangsa India, karena sudah sangat banyak prestasi dan pencapaian membanggakan yang dikukuhkan pasar dunia kepada mereka berdua.

Ok, Jika masih belum yakin, apakah Azim bisa disejajarkan dengan Bill? Apapun pendapat para pembaca yang berkembang mengenai tema buku ini, mereka berdua adalah contoh-contoh komposisi kegagalan dan kesuksesan yang berproses. (IF)

 

 

Judul : Azim Premji; “Bill Gates” Muslim dari India
Penulis: Haris Priyatna
Penerbit : Mizania
Tahun: 2007
Genre : Biografi
Tebal: 128 Halaman
ISBN: 979-8394-85-2

 

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
BIOGRAFI

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 28289398

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit