Me and My Parents 1; Ssstů! Ortuku Kolot! Cetak E-mail
(2 votes)
Me and My Parents 1; Ssst…! Ortuku Kolot!
Judul : Me and My Parents 1; Ssst…! Ortuku Kolot!
Penulis: Rm. Nano, dkk.
Penerbit : Kanisius
Tahun: 2008
Genre : Kisah Nyata
Tebal: 120 Halaman 
ISBN: 978-979-21-1776-9

 

 

 

 

 

 

Tragis...! Tapi itulah hidup... Bagaimana tidak? Orang paling banyak menyakiti hati kita, meninggalkan luka bathin, dan “merusak” kepribadian kita justru yang paling dekat dengan kita –orang tua kita sendiri. Lho koq bisa? Ya! Hampir semua remaja yang berkisah dalam buku ini mengalaminya. Mereka membutuhkan waktu lama untuk memahami orang tua mereka sampai akhirnya bisa menerima dan memaafkan, baru sesudah itu mereka sanggup menata dan menikmati hidupnya kembali.

Jarang sekali kita menemukan orang yang bisa jujur pada dirinya sendiri dan orang lain, terutama remaja. Tidak mudah pula kita menemukan remaja yang bisa menerima kenyataan hidup bahwa orang tua mereka hanya keluarga pas-pasan, sehingga kebutuhan dan keinginan mereka tidak terpenuhi. Namun, kita dapat menemukan ungkapan kejujuran dalam kisah-kisah yang tertulis dalam buku berjudul Me and My Parent 1; Ssst...! Ortuku Kolot.

Buku ini ditulis oleh sekumpulan remaja yang tinggal di asrama dalam bimbingan Rm. Nano. Dalam buku ini, Rm. Nano, dkk. menawarkan kisah-kisah nyata (true stories) yang menggugah jiwa setiap pembacanya.

Permasalahan-permasalahan hidup yang terjalin dalam setiap kisah buku ini diramu dengan refleksi yang mendalam sehingga tercipta penyelesaian masalah yang mengagumkan. Misal suatu saat kita menghadapi suatu permasalahan pelik, apa yang bisa kita lakukan? Merenungkannya, lalu mencari jalan keluar? Menunggu orang lain yang menyelesaikan masalah kita? Membiarkan saja, toh waktu akan membuat masalah itu selesai? Nah! Betapa beruntungnya kita para pembaca, semua pilihan-pilihan itu telah dibijaki di buku ini.

Dalam kisah-kisah di sini, kita akan mendapatkan berbagai kisah yang mungkin sama sekali tidak terpikirkan dalam bayangan kita. Kerap ketika kita jumpai pertengkaran antara ibu dan anak, ayah dan anak, atau hubungan keluarga lainnya yang tak jelas ujung penyelesaiannya, bahkan menggantung begitu saja dalam pikiran  masing-masing.

Melalui buku ini pula, Rm. Nano, dkk. tidak hanya menceritakan permasalahan remaja dengan orang tuanya beserta penyelesaiannya, tapi yang terpenting adalah perubahan paradigma berpikir dalam menghadapi masalah. Munculnya permasalahan dalam keluarga (anak dan orang tua) tidak boleh dibiarkan begitu saja. Siapa pun baik itu orang tua maupun sang anak harus memulai mencari penyebab dari timbulnya masalah.

Dari sekian banyak kisah yang disuguhkan, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa permasalahan yang muncul antara orang tua dan remaja itu disebabkan oleh kurangnya komunikasi dan keterbukaan. Selain itu, harus ada kendali emosi dan amarah, baik dari orang tua maupun remaja itu sendiri.

Buku ini amat bermanfaat untuk dibaca sehingga perlu masuk dalam rekomendasi buku yang harus dimiliki saat kita mengunjung toko-toko buku. Buku ini sangat tepat direkomendasikan untuk remaja. Mengapa? Pertama, buku ini ditulis oleh remaja dan berkisah tentang kehidupan remaja pula. Kedua, setelah membaca buku ini diharapkan dapat menginspirasi remaja untuk segera menyelesaikan permasalahan dengan orang tuanya, jika ada, dan segera mencoba untuk memperbaiki komunikasi yang kurang dengan orang tua, serta menjalin keterbukaan dengan orang tua.

Buku juga disarankan supaya dibaca oleh para orang tua. Alasannya, melalui buku ini sedikit banyak orang tua dapat memahami permasalahan apa yang dihadapi anak-anak mereka dan konflik bathin apa yang dialami anak-anak mereka yang disebabkan oleh cara mendidik mereka. Selain itu, orang tua juga diharapkan dapat segera menjalin komunikasi dan keterbukaan yang baik dengan anak-anaknya. (paska)

Jumlah komentar/resensi baru untuk buku ini (0)add comment

Silahkan memberi komentar/resensi baru dengan bahasa yang sopan dan bertanggung jawab.
Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

busy
 

Wisata-Buku.Com kini hadir di Smartphone Android (silahkan klik di sini)

Google

D i d u k u n g o l e h :

GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

KORAN JAKARTA - Harian Umum Nasional

Ketik kata kunci, misal: "harry potter"
Wisatawan Buku





Password hilang?
Belum terdaftar? Daftar
Beibiiyku Online Shop
Sponsor
FrozenbyQueen - Lezat Alami & Halal
Sponsor
Resensi Genre Terkait
KISAH NYATA

Resensi Terbaru
Resensi Populer
Komentar/ Resensi Baru
Metode Mengajar ala Tiongkok dan Jepang
Sudah seha...
Misteri MH-370
sedih, bin...
Hoegeng; Polisi dan Menteri Teladan
Sangat ins...
Mafia Migas VS Pertamina; Membongkar Skenario Asin...
Sangat bag...
7 Hari 1.500 Kilometer Mengelilingi Tibet
Traveling ...
Setelah 7 Malam di Alam Kubur; Apa yang Terjadi Pa...
:) ;D
Meneladani Jam-Jam Nabi Dalam Beribadah Dan Bekerj...
Ass. isi b...
Salam Lemper Cak Lontong
mantap!!
Misteri Hilangnya Batu Delima Biru
wah wah......
Steve Jobs iCon Apple
This guy w...
Promosi GRATIS
Inspirasi WB

"Books are not made for furniture, but there is nothing else that so beautifully furnishes a house." ~ Henry Ward Beecher

 
K o m u n i t a s P e n d u k u n g
WBstat
Pengunjung: 29039024

Silahkan Daftar untuk memberi komentar/resensi baru dan melihat fitur-fitur lain, atau Login bagi yang sudah mendaftar.

... help us to spread the words!

 

Perhatian! Jika ada konten di situs ini yang melanggar hak cipta dan/ atau membuat kerugian materi, moril ataupun keduanya terhadap suatu pihak, mohon silahkan email ke: TimWB

 

Wisata-Buku.Com adalah bentuk dedikasi kepada:

Penggiat Buku dan Penerbit